Tugas Sejarah Pedesaan III

 TUGAS REVIEW III

A. SEJARAH PEDESAAN

Pengertian mengenai Sejarah Pedesaan memiliki beberapa perbedaan. Hal ini disebabkan karena banyak peristiwa sejarah di Indonesia terjadi pada daerah atau lingkup pedesaan. Menurut salah satu buku Sartono Kartodirdjo menjelaskan bahwa Sejarah Pedesaan merupakan salah satu bagian dari Sejarah Sosial yang berhubungan dengan semua masyarakat sebagai kesatuan dan segala aspek kehidupannya. Hasil penelitian mengenai Sejarah Pedesaan dari berbagai negara di Eropa Barat mengungkapkan tentang gambaran serta pengertian baru tentang kondisi kehidupan di pedesaan pada masa lampau, seperti halnya tentang hubungan antara tuan tanah dengan petani penggarap, kedudukan bangsawan, pungutan-pungutan, dan masih banyak pembahasan lainnya.

          Sejarah Pedesaan erat kaitannya dengan pembahasan mengenai masyarakat petani. Namun, dalam hal ini terdapat perbedaan antara Sejarah Pedesaan dengan Sejarah Sosiologi yaitu dalam pembahasan Sejarah Pedesaan permasalahan yang terkait harus bisa dikembalikan kepada desa, pedesaan, atau ekonomi agraria pedesaan. Hal ini berkaitan dengan salah satu tulisan yang membahas tentang pemberontakan petani Banten pada tahun 1888. Tulisan ini lebih masuk ke dalam tulisan Sejarah Sosial karena mengenai tentang hubungan antar manusia, selain itu permasalahannya juga meliputi tentang masalah politik kolonial yang juga bisa dimasukkan dalam lingkup Sejarah Pergerakan. Meskipun pelakunya merupakan petani di desa tetapi tidak semuanya dapat termasuk ke dalam lingkup Sejarah Pedesaan. Hal ini mengartikan bahwa terdapat pembatasan dalam masalahnya yang berhubungan dengan desa atau pedesaan dan juga keadaan masyarakat petani. 


B. SEJARAH EKONOMI PEDESAAN

Sejarah ekonomi sendiri mungkin suatu hal yang masih asing bagi sejarawan Indonesia, meskipun sudah rerdaapat pada ajaran pada jurusan-jurusan sejarah. Dalam negeri barat sendiri pun sejarah ekonomi merupakan suatu hal yang relatif baru, meskipun sejarah ekonomi sudah ditulis oleh seseorang jauh sebelumnya tetapi sejarah ekonomi pertama di dunia baru ada di Harvard pada tahun 1892 dan di Inggris baru pada tahun 1910. Sejarah ekonomi yang telah memisahkan diri dari sejarah politik telah berkembang dan mencapai puncaknya dalam studi yang semakin canggih. 

        

C. KAITAN SEJARAH PEDESAAN  DENGAN LINGKUP SEJARAH LOKAL

Pengertian dari sejarah lokal sendiri ialah suatu lingkup sejarah yang fokus utamanya kepada peristiwa-peristiwa di lingkungan sekitar suatu lokalitas dan membuat sejarah nasional sebagai latar belakang dari peristiwa-peristiwa khusus di lokalitas tersebut. Sejarah lokal juga dapat disebut dengan sejarah yang berisi tentang peristiwa yang telah terjadi di suatu daerah tertentu tetapi dampaknya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap daerah atau wilayah lain. Sejarah lokal biasanya meliputi aspek sosial, ekonomi, budaya, politik dan lainnya yang berkembang di lingkungan masyarakat dalam suatu daerah atau wilayah tertentu.

         Kaitan antara sejarah pedesaan dengan sejarah lokal adalah jika sejarah lokal lebih ke arah daerah tertentu sedangkan sejarah desa ialah beberapa pemukiman di area pedesaan atau rural area. Sejarah lokal memiliki beberapa subdisiplin. Salah satunya ialah sejarah pedesaan. Maka dari itu, sejarah pedesaan dengan sejarah lokal merupakan saling berhubungan dan saling berkaitan. Pedesaan sendiri merupakan suatu wilayah yang berhubungan dengan administrasi seperti kepala desa dan dibawahi oleh kecamatan. Desa sendiri merupakan suatu wilayah di luar wilayah kota dengan profesi sekitar agraria.


        

D. REVIEW TAMBAHAN

Pendapat tentang desa dari beberapa ahli, menurut C. S. Kansil, desa ialah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung dibawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan menurit Bintarto, desa ialah suatu perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik, dan kultural yang terdapat di suatu daerah dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain. Cara berusaha dalam bidang ekonomi adalah agraris yang paling umum dan sangat dipengaruhi alam seperti: iklim, keadaan, alam, kekayaan alam sedangkan pekerjaan yang bikan agraris adalah bersifat sambilan.

         Seperti yang kita ketahui, desa memiliki nama-nama yang beragam, seperto sukoreno, kebonsari dan yang lainnya. Nama-nama ini juga memiliki arti tersendiri, bisa karena nama pahlawan, nama seorang tokoh yang berpengaruh atau terkenal ataupun ada ssuatu kejadian-kejadian dibelakangnya.


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Sejarah Pedesaan IV

Tugas Sejarah Pedesaan II

Review Jurnal