Resensi Buku

RESENSI BUKU

Judul Buku :  Sengketa Agraria (Pengusaha Perkebunan Melawan Petani)
Penulis : Karl J. Pelzer
Penerbit : Pustaka Sinar Harapan, Jakarta
Tahun terbit : 1991
Cetakan : Pertama untuk buku terjemah
Halaman        : 226 Halaman

Resensi

Dalam sejarah sosial suatu masyarakat, ternyata suatu fenomena khusus sering mengimplikasikan masalah-masalah yang jauh lebih dalam. Fenomena sengketa pertanahan, misalnya, mengimplikasikan masalah seperti perubahan yuridis menyangkut undang-undang pemilikan tanah, perubahan teknologis berkenaan dengan metode pertanian, perubahan ekonomi menyangkut penanaman modal, pemasaran dan ketenagakerjaan, perubahan politik menyangkut hubungan kekuasaan, perubahan sosiologis berhubungan dengan struktur masyarakat, dan perubahan kultural yang berkenaan dengan pemahaman diri.
Sengketa agraria antara pengusaha perkebunan melawan petani, tidak bisa atau tidak harus dilihat sebagai akibat dari konstelasi kompleksitas permasalahan tersebut di atas, yang semuanya itu dapat dikembalikan ke satu masalah inti yaitu masalah yuridis: “siapa yang berhak dan hak apa yang dapat dilaksanakannya” – suatu masalah yang tidak pernah terselesaikan dengan tuntas.
Sengketa agraria yang dituliskan oleh Karl J. Pelzer dalam buku ini, meskipun terjadi dalam kurun waktu yang lampau tetap merupakan sebagai bahwa sebagai bukti tentang masalah-masalah agraria yang terjadi baik di masa sekarang bahkan mungkin bisa terjadi di masa yang akan datang.

Kekurangan :
Buku ini termasuk buku yang penyampaiannya kurang lengkap terkadang tidak disertai tanggal dan juga kurangnya kalimat penjelas atau penjabaran dari kalimat-kalimat atau perihal yang dijelaskan yang terkadang membuat pembaca bingung membacanya. Selain itu, buku ini termasuk buku yang lama yang membuat ejaan-ejaan yang tertulis dalam buku ini masih mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan versi lama tetapi hal itu tidak mengurangi pemahaman pembaca saat membaca kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah di masa sekarang.

Kelebihan :
Buku ini memiliki penjelasan bab-bab yang jelas. Buku ini membahas banyak masalah sengketa-sengketa tanah yang mengharuskan sebegai penulis memiliki pembatas atau pembeda saat terdapat perpindahan cerita atau pembeda antara masalah satu dengan masalah lain atau juga pembeda antara sebelum dan sesudah terjadi kejadian. Buku ini juga memiliki halaman khusu untuk singkatan-singkatan yang memudahkan pembaca memahami singkatan-singkatan.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Sejarah Pedesaan II

Tugas Sejarah Pedesaan IV

Review Jurnal